11 Februari 2022

Cara Mudah dan Cepat Menulis Kegiatan di Sekolah dengan Rumus 5W+1H

SD Negeri Kalisumber I
Artikel ini diharapkan bisa membantu para Kepala Sekolah, Guru untuk menuliskan sebuah berita di website atau blog sekolah.

Kalimat 5W+1H - Bagi para penulis, jurnalis atau pencari berita tentunya tidak asing lagi mendengar tentang 5W+1H karena rumus itulah yang menjadi dasar dalam menulis dan mengembangkan sebuah tulisan berita. Namun, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan rumus 5W+1H itu?

Berikut ini adalah penjelasan dan contoh mengenai 5W+1H.

5W+1H adalah rumus klasik yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mencari inti pokok berita kegiatan, mengembangkan berita atau sebuah kegiatan sekolah. Mengapa demikian?
Hal ini karena rumus 5W+1H berisi inti-inti penyusun berita atau kegiatan di sekolah.

5W+1H diambil dari kata-kata tanya dalam bahas Inggris:

1. What (Apa
2. Who (Siapa)
3. When (Kapan)
4. Why (Mengapa)
5. Where (mana) dan
6. How (Bagaimana)

Di bawah ini adalah contoh-contoh kalimat 5W+1H

Kalimat 5W+1H

1.      What (Apa)
Kata tanya yang pertama dari rumus ini adalah Apa. Kata tanya ini berisi pertanyaan mengenai permasalahan atau hal yang dilaksanakan pada suatu kegiatan di sekolah.

Contoh:
1. Apa yang sedang dilakukan di sekolah?
2. Apa saja fasilitas yang digunakan di sekolah?
3. Apa yang didapatkan dari kegiatan?
4. Apa yang dikatakan oleh para pemeran utama?
5. Apa saja yang akan dilakukan oleh para pemeran (KS, Guru, Orangtua siswa, Wali Murid)?
6. Apa pandangan orang lain mengenai kegiatan di sekolah?

2.      Why (Mengapa)
Kata tanya mengapa mengandung pertanyaan-pertanyaan mengenai alasan atau motivasi terjadinya sebuah kegiatan.

Contoh:
1. Mengapa hal kegiatan ini diadakan sekolah?
2. Mengapa orangtua murid, Kades, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat diundang?
3. Mengapa memilih lokasi kegiatan di sekolah?
4. Mengapa orangtua murid banyak yang tidak hadir?
5. Mengapa kegiatan ini sangat semarak?

3.      Who (Siapa)
Kata tanya Siapa mengandung pertanyaan-pertanyaan mengenai pelaku atau orang lain dari sebuah peristiwa yang terjadi.

Contoh:
1. Siapa saja yang hadir dalam kegiatan di sekolah?
2. Siapa saja yang berperan dalam kegiatan tersebut?
3. Siapa saja yang terlibat di dalam kegiatan tersebut? (Guru, siswa, dll)
4. Siapa saja yang berpendapat dalam kegiatan tersebut?

4.      When (Kapan)
Kata tanya Kapan berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai waktu terjadinya kegiatan sekolah diselenggarakan.

Contoh:
1. Kapan kegiatan sekolah itu diselenggarakan?
2. Kapan (jam) para undangan tiba di sekolah?
3. Kapan pertemuan lanjutan akan dilaksanakan?
4. Kapan kegiatan sekolah berakhir?
5. Kapan kegiatan ini akan dilaporkan kepada pejabat?

5.      Where (Di mana)
Kata tanya di mana mengandung pertanyaan-pertanyaan mengenai tempat atau lokasi kegiatan diselenggarakan.

Contoh:
1. Di mana kegiatan ini dilaksanakan?
2. Di mana ruang / tempat kegiatan diselenggarakan?
3. Di mana tempat penyelenggaraan tindak lanjut?

6.      How (Bagaimana)
Kata tanya bagaimana berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengandung cara atau proses berlangsungnya suatu kegiatan.

Contoh:
1. Bagaimana kegiatan sekolah tersebut diselenggarakan?
2. Bagaimana kehadiran para undangan?
3. Bagaimana situasi kegiatan tersebut?
4. Bagaimana reaksi dari peserta, orangtua, walimurid?
5. Bagaimana pendapat peserta, orangtua, walimurid?
6. Bagaimana hasil kegiatan tersebut?
7. Bagaimana tindaklanjut hasil kegiatan tersebut?

Demikianlah kalimat-kalimat pertanyaan 5W+1H yang biasa digunakan untuk menemukan atau mengembangkan pokok-pokok pikiran atau inti dari sebuah berita dari sebuah kegiatan.

Dalam penulisan berita kegiatan tidak harus urut sesuai dengan urutan 5W+1H tetapi diharapkan memenuhi kriteria 5W+1H. (was)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar